Baca Surat Al Kahfi Lengkap Arab, Latin dan Arti dalam Bahasa Indonesia: Ini Keutamaan Dibaca Tiap Hari Jumat

- 18 Juni 2021, 11:00 WIB
Ilustrasi - Surat Al Kahfi diimbau dibaca di hari Jumat oleh umat muslim, beserta keutamaannya. Lengkap tulisan Arab, Latin, dan arti bahasa Indonesia.
Ilustrasi - Surat Al Kahfi diimbau dibaca di hari Jumat oleh umat muslim, beserta keutamaannya. Lengkap tulisan Arab, Latin, dan arti bahasa Indonesia. /Pixabay/hmzasefaa

BERITA DIY - Baca surat Al Kahfi di hari Jumat banyak keutamaannya seperti disebut di banyak hadist sahih. Berikut adalah keutamaan surat ke-18 tersebut jika dibaca tiap hari Jumat.

Al Kahfi menjadi surat ke-18 dalam Al Quran yang memiliki arti para penghuni gua. Mengisahkan tujuh pemuda saleh dan seekor anjing yang mengasingkan diri dari kejaran penguasa zalim dan kafir.

Keutamaan surat Al Kahfi ini bila dibaca antara lain umat muslim akan diampuni semua dosa di antara dua Jumat, telapak kaki akan muncul cahaya hingga ke langit, dan dapat menyinarinya kelak di hari kiamat.

Baca Juga: Baca Al Mulk Tulisan Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia: Keutamaan Untuk Tenangkan Jiwa Jelang Tidur Malam

Hadist dari Al-Hakim menjelaskan bahwa Rasulullah SAW mengimbau agar umat Islam baca Al Kahfi di hari Jumat atau malam Jumat.

“Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, cahaya akan meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim).

Menurut Imam Nawawi, di awal surat Al Kahfi terdapat ayat-ayat yang menakjubkan. Umat Islam yang mau merenungkannya, niscaya ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. Sebagaimana pula dalam akhir-akhir ayat surat tersebut, Allah SWT berfirman:

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil (hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku?)”.

Baca Juga: Baca Al Mulk Tulisan Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia: Keutamaan Untuk Tenangkan Jiwa Jelang Tidur Malam

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X