Profil Wabup Sangihe yang Meninggal di Pesawat, Sebelumnya Getol Tolak Tambang Emas

- 15 Juni 2021, 19:38 WIB
Profil Helmud Hontong, Wakil Bupati Kepulauan Sangihe.
Profil Helmud Hontong, Wakil Bupati Kepulauan Sangihe. /Facebook/Helmud Hontong

BERITA DIY - Wakil Bupati Sangihe, Helmud Hontong, dikonfirmasi meninggal dunia di dalam pesawat saat dalam perjalanan dari Bali menuju Manado pada Rabu, 9 Juni 2021 silam. Ini dia profilnya.

Helmud Hontong dikabarkan meninggal dunia saat menumpangi pesawat Lion Air JT-740 secara tiba-tiba. Hal ini ramai-ramai disebut sebagai 'Peristiwa Munir II'.

Pasalnya, Wabup Helmud Hontong dikenal keras dan getol dalam upaya menolak tambang emas di wilayah pemerintahannya, Sangihe.

Baca Juga: Pegawai KPK yang Tidak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan Justru Memimpin OTT Bupati Nganjuk

Banyak pihak menilai kematian sang Wabup terkait erat dengan kegiatannya selama ini menjaga alam Sangihe agar terbebas dari aktivitas tambang.

Pesawat yang ditumpangi oleh Wabup Helmud terpaksa harus mendarat di Bandara Internasional Sultan Hassanuddin, Makassar pada pukul 16.08 WITA untuk keperluan evakuasi.

Namun, nyawa sang wabup tak bisa tertolong. Beliau akhirnya menghembuskan nafas terakhir usai dievakuasi dari kabin pesawat.

Baca Juga: Profil Novi Rahman Hidayat, Bupati Nganjuk yang Ditangkap KPK atas Dugaan Jual Beli Jabatan

Beberapa hari usai kejadian itu, pihak kepolisian mengatakan hasil otopsi memperlihatkan bawah Wabup Helmud meninggal karena komplikasi penyakit yang dideritanya.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x