Salat Qashar: Tata Cara, Syarat dan Bacaan Niat dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemah Bahasa Indonesia

- 10 Juni 2021, 13:05 WIB
ilustrasi salat qashar. Berikut tata cara, syarat dan bacaan niat salat qashar.
ilustrasi salat qashar. Berikut tata cara, syarat dan bacaan niat salat qashar. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY – Berikut penjelasan lengkap mengenai salat qashar termasuk tata cara, bacaan niat dan syarat mengerjakannya yang wajib diketahui oleh setiap umat muslim.

Menunaikan ibadah salat lima waktu atau salat fardhu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Begitu datang waktu salat, umat muslim dianjurkan segera bergegas menjalankan salat tak boleh menunda apalagi tidak mengerjakan salat.

Namun ketika sedang bepergian jauh dan tidak memungkinkan untuk berhenti dan melaksanakan salat fardhu, kita bisa melakukan salat qashar. Salat qasar adalah salat dengan memangkas atau mengurangi jumlah rakaat.

Baca Juga: 6 Doa untuk Orang Sakit Sesuai Ajaran Rasulullah SAW: Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Salat yang bisa diqasar adalah salat Dzuhur, Ashar dan Isya. Jika biasanya salat Dzuhur, Ashar dan Isya dikerjakan dalam empat rakaat, ketika diqashar salat Dzuhur, Ashar dan Isya boleh dikerjakan dua rakaat saja.

Pelaksanaan salat qashar hukumnya mubah atau diperbolehkan bagi setiap umat muslim yang sedang bepergian jauh, misalnya ke luar kota, luar pulau atau luar negeri yang menempuh waktu hinga berhari-hari.

Allah berfirman dalam Al Quran surat An Nisa ayat 101 yang artinya: “Dan apabila kamu beprgian di muka bumi, maka tidak mengapa kamu menQashar shalatmu, jika kamu takut diserang orang-orang kafir, sesungguhnya orang-orang kafir itu musuh yang nyata bagimu.”

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tahajud, LENGKAP Niat hingga Doa setelah Mengerjakannya dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Tata Cara Salat Qashar

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x