Mengenal Gejala Batu Ginjal Seperti yang Dialami Ashanty

- 9 Juni 2021, 14:50 WIB
Ilustrasi: Gejala Penyakit Batu Ginjal dan Cara Mendiagnosanya.
Ilustrasi: Gejala Penyakit Batu Ginjal dan Cara Mendiagnosanya. /pixabay/ mohamed_hassan

BERITA DIY – Penyanyi Ashanty, istri dari Anang Hermansyah baru-baru ini mengabarkan bahwa dirinya mengidap batu ginjal. Kenali gejala lengkap penyakita batu ginjal ini melalui artikel ini.

Melalui unggahan di channel Youtube The Hermansyah A6, Ashanty mengatakan bahwa ia memiliki penyakit lain yaitu batu ginjal. Namun batu ginjal tersebut tidak boleh dioperasi karena selama ini ia tidak mengalami sakit di area

Lantas apa itu penyakit batu ginjal? Bagaimana gejala dan cara mendiagnosis penyakit ini? berikut penjelasan lengkapnya dilansir BERITA DIY dari Healthline.

Baca Juga: Mengenal Gejala Covid-19 dan Perbedaannya dengan Penyakit Pneumonia, Berikut Penjelasannya

Batu ginjal adalah salah satu kondisi medis yang paling menyakitkan. Batu ginjal adalah massa padat yang terbuat dari kristal dan biasanya berasal dari ginjal.  

Batu ginjal dapat berkembang di mana saja di sepanjang saluran kemih mulai dari ginjal, ureter, kandung kemir, hingga uretra.  Penyebab batu ginjal berbeda-beda sesuai dengan jenis batunya.

Batu ginjal diketahui menyebabkan rasa sakit yang parah. Sakit parah ini disebut kolik ginjal

Gejala batu ginjal mungkin tidak akan terasa sampai batu mulai bergerak ke bawah ureter. Penderita mungkin mengalami rasa sakit di satu sisi punggung atau perut.

Baca Juga: Mengenal Demensia: Penyebab, Gejala Penyakit, dan Pengobatannya

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x