Bukan KPM Bansos BST Kemensos Juni 2021? Ini Syarat, Cara Daftar dan Cek di Link cekbansos.kemensos.go.id

- 8 Juni 2021, 12:23 WIB
Ilustrasi - Dana bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Juni 2021.
Ilustrasi - Dana bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Juni 2021. /pixabay.com/EmAji

BERITA DIY - Bantuan sosial tunai atau BST sebesar Rp 300 ribu untuk keluarga penerima manfaat (KPM) terdaftar di database Kementerian Sosial (Kemensos) memasuki jadwal pelaksanaan bulan Juni 2021 yang dapat diakses via cekbansos.kemensos.go.id.

Mereka yang bukan bagian dari KPM dan merasa memenuhi syarat untuk mendapatkan bansos BST dapat mendaftarkan diri untuk menerima dukungan keuangan dari Kemensos. 

Pemohon dapat mendaftar ke petugas RT setempat kemudian ke pemerintah desa atau kelurahan. Dengan begitu, calon penerima akan berkesempatan memeroleh BST sebesar Rp 300 ribu per bulan hingga Juni 2021. 

Baca Juga: Berikut Link Untuk Cek Penerima Bansos dan BLT di Bulan Juni 2021 Selengkapnya

Mereka yang bisa mendapatkan bantuan sosial BST Rp 300 ribu dari Kementerian Sosial ialah orang-orang yang termasuk dalam pendataan kota tempat tinggal, termasuk pengangguran dan tidak sebagai penerima bansos lain dari pemerintah.

Selain itu, masyarakat yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga dapat melakukan pendaftaran dengan memberi alamat lengkap ke aparat desa atau kelurahan di domisilinya.

Bagi yang memenuhi syarat dapat segera mengajukan bansos BST dan akan terdaftar sebagai penerima bantuan di cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Nomor KTP Tak Terdaftar di banpresbpum.id, Dapat Banpres BPUM Rp3,6 Juta via Link BRI Ini

Setiap kepala rumah tangga berhak atas tunjangan sosial BST Rp 300 ribu dari Kemensos. Dengan kata lain, dukungan sosial BST adalah dukungan per kepala rumah tangga, bukan dukungan individu.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x