Cara Kerja Vaksin hingga Bisa Lindungi Tubuh dari Covid-19 dan Penyakit Lain

- 24 Mei 2021, 15:44 WIB
Ilustrasi bagaimana cara kerja vaksin.
Ilustrasi bagaimana cara kerja vaksin. /Pixabay/spencerbdavis1

BERITA DIY - Sejak pandemi covid-19 melanda seluruh dunia, masyarakat mulai mencari cara bagaimana agar terhindar dari infeksi virus corona itu. Salah satu cara paling efektif ialah dengan membuat vaksin. Seperti apa cara kerjanya?

Pada dasarnya, vaksin merupakan cara untuk melatih sistem kekebalan tubuh agar melawan virus atau bakteri yang datang ke dalam tubuh untuk merusak.

Sebagaimana kita tahu, sistem kekebalan tubuh (body's immune system) merupakan sebuah sistem untuk mencegah masuknya material-material asing ke dalam tubuh.

Baca Juga: Pendaftaran Vaksinasi Gotong Royong Dibuka, Ini Cara Masyarakat Umum Bisa Dapat Vaksin Covid-19

Bukan hanya penyakit, sistem imun bahkan menjadi salah satu penyebab banyaknya sperma yang mati saat terjadi pembuahan. Sperma dideteksi sebagai benda asing yang masuk ke dalam tubuh sehingga dihabisi oleh sistem imun.

Namun, dalam beberapa hal, bakteri atau virus juga menyerang sistem kekebalan tubuh itu sendiri. Dalam kasus ini, penyakit menjadi tergolong ke dalam penyakit serius.

Selain menyerang sistem kekebalan tubuh, penyakit yang notabene baru terbentuk, seperti halnya covid-19, tidak mudah terdeteksi. Sistem imun terkadang lambat mendeteksi dan mengambil peran.

Baca Juga: Pendaftaran Vaksinasi Gotong Royong Dibuka, Ini Cara Masyarakat Umum Bisa Dapat Vaksin Covid-19

Hal itu mengakibatkan infeksi menjalar lebih cepat ke seluruh organ yang diserang oleh "penjajah". Tubuh akhirnya mengalami bahaya dan bahkan bisa berakibat fatal.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x