5 Olahraga Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Lebaran Idul Fitri

- 15 Mei 2021, 19:21 WIB
Yoga salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan pasca lebaran idul fitri.
Yoga salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan pasca lebaran idul fitri. /pixabay/ janeb13

BERITA DIY – Setelah lebaran idul fitri beberapa orang pasti akan merasakan kenaikan berat badan akibat dari makanan yang dikonsumsi mulai dari opor ayam, ketupat hingga aneka kue kering. Berikut lima jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan pasca lebaran idul fitri.

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan selain diet. Hal ini karena saat berolahraga tubuh akan membakar kalori dan mampu menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga juga memberikan manfaat seperti perbaikan hati dan tulang serta mengurangi risiko penyakit kronis.

Berikut adalah lima jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan pasca lebaran idul fitri, selengkapnya.

Baca Juga: Berat Badan Berlebih? Berikut 5 Tips Diet Sehat Bagi Pemula, Penting agar Tubuh Tidak Sakit

  1. Berjalan

Berjalan merupakan cara yang nyaman dan mudah bagi para pemula untuk memulai berolahraga tanpa kewalahan dan tanpa perlu membeli peralatan. Olahraga ini mudah dilakukan, kamu dapat mencoba berjalan kali saat istirahat makan siang, naik tangga di tempat kerja atau mengajak anjing berkeliling

Penelitian menunjukkan orang dengan berat 70 kg membakar sebanyak 167 kalori setelah berjalan selama 30 menit dengan kecepatan sedang. Bejalan selama 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu juga mampu membuat tubuh menjadi lebih bugar.

  1. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang populer dalam meningkatkan kebugaran dan membantu menurunkan berat badan. Bersepeda secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

Penelitian pada orang dengan berat badan 70 kg yang bersepeda selama 30 menit pada kecepatan sedang mampu membakar sejumlah 298 kalori. Sedangkan, jika menggunakan sepeda statis dapat membakar 260 kalori.

Baca Juga: Saat Puasa Berat Badan Malah Naik? Hindari 5 Kesalahan Ini Selama Menjalani Ibadah Puasa Ramadhan

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x