Kapan dan Berapa Hari Puasa Syawal Setelah Idul Fitri? Berikut Jadwal, Niat, dan Keutamaannya

- 15 Mei 2021, 15:55 WIB
Ilustrasi jadwal, niat, dan keutamaan puasa sywal.
Ilustrasi jadwal, niat, dan keutamaan puasa sywal. /Pixabay.com/Mohamed_hassan

BERITA DIY - Hari raya lebaran Idul Fitri 2021 merupakan tanda memasuki bulan Syawal 1442 Hijriah, yaitu bulan setelah bulan Ramadhan menurut kalender Islam.

Bulan syawal tidak kalah istimewa dengan bulan Ramadhan dimana pada bulan ini terdapat beberapa ibadah yang diutamakan untuk dilaksanakan umat Islam di seluruh dunia untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Ibadah puasa syawal adalah slaah satu ibadah yang diutamakan pada bulan syawal dan hukum untuk melaksanakan ibadah ini adalah sunah mustahab menurut Kementerian Agama.

Baca Juga: Kumpulan Kata Balasan atau Jawaban dari Ucapan Doa Lebaran Idul Fitri 2021 Penuh Doa dan Makna

Mustahab pada hakikatnya menunjukkan bahwa puasa syawal tidak wajib dilakukan, apabila dilakukan akan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa ataupun siksa.

Hukum puasa syawal adalah sunnah bagi orang yang tidak memiliki tanggungan puasa wajib, baik qadha puasa Ramadan atau puasa nazar.

Adapun bagi mereka yang mempunyai hutang puasa karena uzur, seperti sakit, perjalanan jauh, atau lainnya, status hukum puasa syawal menjadi makruh serta bagi orang yang tak berpuasa Ramadan karena kesengajaan, tanpa uzur, status hukum menjadi haram.

Puasa syawal tidak boleh dilaksanakan pada tanggal 1 bulan syawal sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah SAW oleh Abu Sa'id Al-Khudri.

Baca Juga: Kumpulan Doa Penenang Hati agar Damai dan Tentram, LENGKAP Arab, Latin, dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X