Kumpulan Kata Balasan atau Jawaban dari Ucapan Doa Lebaran Idul Fitri 2021 Penuh Doa dan Makna

- 13 Mei 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi gambar masjid.
Ilustrasi gambar masjid. /Pixabay/john1cse

BERITA DIY - Ketika umat muslim mendapatkan balasan atau jawaban dari ucapan doa lebaran Idul Fitri 2021 yang penuh doa dan harapan sudah semestinya memberikan balasan atas doa yang telah diberikan.

Tradisi yang melekat di masyarakat Indonesia ketika merayakan hari besar khususnya hari raya Idul Fitri 2021, masyarakat biasanya memberikan ucapan selamat, permintaan maaf yang penuh dengan doa-doa terbaik.

Terdapat beberapa ucapan selamat hingga doa lebaran Idul Fitri 2021 yang akan diterima dari berbagai orang, namun pada prinsipnya jawaban, salam, atau penghormatan yang kita berikan sebagai balasan harus lebih baik atau sepadan.

hBaca Juga: Hukum Menukarkan Uang dengan Upah Tambahan saat Lebaran Idul Fitri, Riba atau Tidak?

Jika seseorang mendoakan kita untuk senantiasa diberikan kesehatan, maka kita harus membalasnya dengan doa yang sama dan akan lebih baik apabila kita melebihkan doa yang kita berikan sebagai balasan misalnya doa untuk kelancaran rezeki dan lain-lainnya.

Perintah untuk membalas salam penghormatan ini tertuang dalam Qur'an Surah An Nisa ayat 86, yang bunyinya sebagai berikut:

 وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

wa iżā ḥuyyītum bitaḥiyyatin fa ḥayyụ bi`aḥsana min-hā au ruddụhā, innallāha kāna 'alā kulli syai`in ḥasībā

Artinya: Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x