Perbedaan Taqabballahu Minna Wa Minkum dan Minal Aidin Wal Faizin Lengkap dengan Artinya Bahasa Indonesia

- 12 Mei 2021, 09:47 WIB
Perbedaan taqabballahu minna wa minkum dan minal aidin wal faizin dilengkapi bahasa indonesia
Perbedaan taqabballahu minna wa minkum dan minal aidin wal faizin dilengkapi bahasa indonesia /Freepik.com/Freepik

BERITA DIY - Ucapan selamat hari raya Idul Fitri yang paling sering terdengar berseliweran dua diantaranya taqabbaallahu minna wa minkum dan minal aidin wal faizin. Kedua ucapan ini adalah doa baik bagi sesama muslim.

Diucapkan ketika hari raya, Idul Fitri 1442 Hijriyah atau tahun 2021 ini bertepatan 1 Syawal yang jatuh di hari Kamis, 13 Mei 2021. Sebagai hari kemenangan umat muslim sudah selayaknya bergembira.

Allah swt dalam firman-Nya QS Al-Baqarah:185 menyuruh manusia untuk bertakbir kepada Allah dan mengagungkan-Nya sebagai penyempurna ibadah Ramadhan.

وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Baca Juga: 5 Tradisi Lebaran Berbagai Daerah di Indonesia yang Mungkin Tak Bisa Ditemui Semasa Pandemi

"Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangan Ramadhan dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (takbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Selagi bertakbir, kita sesama muslim juga saling mendoakan dan bersilahturahmi di hari yang fitrah nanti dengan taniah atau ucapan selamat penuh makna.

Ada perbedaan dari dua taniah yang sering kita gunakan di hari raya, taqabballahu minna wa minkum dan minal aidin wal faizin.

Taqabballahu minna wa minum sudah lama digunakan sejak zaman Rasulullah saw ketika merayakan lebaran bersama para sahabat. Beberapa ulama sepakat taniah ini lebih utama.

Baca Juga: Doa-doa di Hari Lebaran Selain Taqobalallahu Minna Wa Minkum dan Minal Aidin Wal Faizin

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x