Bacaan Takbir Lengkap dengan Terjemahannya dan Keutamaannya Dibaca Saat Lebaran

- 11 Mei 2021, 19:58 WIB
Ilustrasi: Kumpulan Kata-kata Ucapan Selamat Lebaran 2021 Hari Raya Idul Fitri 1442 H dalam Bahasa Inggris
Ilustrasi: Kumpulan Kata-kata Ucapan Selamat Lebaran 2021 Hari Raya Idul Fitri 1442 H dalam Bahasa Inggris /Pixabay/ pinterastudio

BERITA DIY - Bacaan takbir lengkap. Saat lebaran Idul Fitri, biasanya umat Islam akan menggemakan takbir di masjid-masjid melalui pengeras suara sepanjang malam hingga pagi 1 Syawal.

Seperti diketahui, penghitungan bulan hijriah dihitung sejak terbenamnya matahari, berbeda dengan bulan masehi yang dihitung sejak pukul 00.00 WIB.

Maka dari itu, gema takbir, atau biasa disebut dengan istilah takbiran, dilakukan sejak terbenamnya matahari pada 1 Syawal nanti, atau dalam kalender masehi, takbiran dilakukan sejak malam sebelum lebaran.

Baca Juga: Catat Ya! Malam Ini Sidang Isbat Penentuan Lebaran 2021, Berikut Jadwal dan Link Live Streaming

Pada dasarnya, takbiran merupakan dzikir yang dibaca sepanjang hari pada tanggal 1 Syawal. Membaca dzikir sepanjang hari merupakan bagian dari perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Kalimat dzikir dalam tradisi takbiran Idul Fitri maupun Idul Adha punya lafaznya sendiri. Di dalamnya terkandung kalimat takbir, kalimat tahlil, dan kalimat tahmid.

Berdzikir dengan ketiga kalimat tersebut memiliki keutamaan yang luar biasa. Di antaranya menghapus dosa seumur hidupnya.

Baca Juga: Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Terbaru untuk Temani Lebaran Idul Fitri 2021 di Rumah

Nabi Muhammad Saw bersabda mengenai kalimat dzikir yang terangkai dalam susunan takbiran ini.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X