BPUM Cair Sebelum Lebaran! Ini Cara Daftar BLT UMKM dan Cek Nama di BRI eform.bri.co.id BNI Banpresbpum.id

- 11 Mei 2021, 04:45 WIB
Cara daftar BPUM 2021 bagi pelaku UMKM yang alamat usaha dan KTP berbeda.
Cara daftar BPUM 2021 bagi pelaku UMKM yang alamat usaha dan KTP berbeda. /Tangkap layar BPUM Kota Bekasi.

BERITA DIY - Sebelum Lebaran, rencananya Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM atau Bapres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari Kemenkop UKM bakal cair.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kemenkop UKM serta dibuktikan dengan penyaluran pada beberapa waktu terakhir. Dalam pekan lalu, terdapat 2 penyaluran BLT UMKM.

Sebanyak 6.000 UMKM di Palangka Raya menerima BPUM pada 7 Mei 2021. Sedangkan pada 8 Mei 2021, 11 ribu UMKM di Musi Banyuasin mendapat BLT.

Baca Juga: Cara Daftar Banpres BPUM Tahap 3 Beserta Jadwal Kapan BLT UMKM Rp 1,2 Juta Cair di Mei 2021

Besaran BLT UMKM pada tahun ini sebanyak Rp 1,2 juta per penerima, jumlah tersebut berkurang separuhnya dari tahun lalu yang mencapai Rp 2,4 juta.

Di 2021 ini, Pemerintah menyiapkan Rp 11,76 triliun dalam APBN untuk program BPUM. Anggaran itu diperuntukkan bagi 9,8 juta pelaku usaha mikro.

Baca Juga: Tak Dapat BLT UMKM? Tenang! Ada Banpres UMKM PNM Mekaar Rp 1,2 Juta Cair Mei 2022, Ini Cara Dapat dan Cek Daftar BLT

Pada tahun lalu, bank penyalur BPUM hanya BRI. Sementara pada tahun ini, bank penyalur BPUM terdapat dari bank BUMN lain, yakni BNI.

Oleh karena itu apabila nama tak terdaftar pada situs pengecekan BPUM milik BRI yakni eform.bri.co.id/bpum, masyarakat jadi tak perlu khawatir.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x