Jadwal Sidang Isbat dan Link Live Streaming Penentuan Lebaran 2021

- 10 Mei 2021, 16:07 WIB
Jadwal Sidang Isbat dan Link Live Streaming Penentuan Lebaran 2021.*
Jadwal Sidang Isbat dan Link Live Streaming Penentuan Lebaran 2021.* /Pixabay/15820460

BERITA DIY - Jadwal sidang isbat dan link live streaming penentuan lebaran 2021. Sidang Isbat penentuan awal syawal 1442 Hijriyah atau perayaan Idul Fitri 1 Syawal akan dilaksanakan Kementerian Agama pada Selasa 11 Mei 2021.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 Hijriyah," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulis dikutip BERITA DIY dari Antara.

Sidang isbat merupakan pertemuan untuk menetapkan bulan berkaitan dengan ibadah. Namun secara lebih populer, di Indonesia sidang isbat dikaitkan dengan penetapan datangnya bulan Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha.

Baca Juga: Bacaan Sholat Idul Fitri dan Tata Caranya

Sidang Isbat akan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Karena masih pandemi COVID-19, sidang isbat dilakukan mengikuti protokol kesehatan dan berlangsung secara luring dan daring.

Jumlah peserta sidang yang hadir secara langsung dibatasi sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Sedangkan peserta lain hanya boleh berpartisipasi melalui telekonferensi melalui jaringan internet.

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas," katanya.

Baca Juga: Resep Ketupat Sayur ala Chef Devina Hermawan, Cara Masak Menu Lezat Idul Fitri

Kamaruddin Amin mengatakan masyarakat dapat menyaksikan proses isbat melalui layanan siaran langsung TVRI, dan media sosial Kementerian Agama. Pun demikian dengan media, peliputan juga digelar secara terbatas.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x