4 Ibadah dan Amalan yang Dianjurkan untuk Menyambut Malam Kemuliaan Lailatul Qodar di Bulan Ramadhan

- 6 Mei 2021, 20:17 WIB
Ilustrasi malam lailatul qodar yang jatuh di malam ganjil sepuluh terakhir bulan Ramadhan.
Ilustrasi malam lailatul qodar yang jatuh di malam ganjil sepuluh terakhir bulan Ramadhan. /Pixabay/15820460

BERITA DIY - Malam lailatul qodar adalah malam kemuliaan yang akan jatuh di malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan tanpa diketahui kapan pastinya namun dapat diamati tanda-tanda malam lailatul qodar.

Lailatul qodar adalah malam dimana kitab suci Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT melalui malaikatnya kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat yang diwahyukan dari Lauful Mahfudz ke Baitul Izzah (langit) dunia.

Al-Quran menyebut malam lailatul qadar sebagai malam seribu bulan dan menjadi nama salah satu surah dalam Al-Quran yakni Surah Al-Qadr.

Baca Juga: Cara agar Dapat Menemui Malam Lailatul Qodar, Lengkap Tanda-tanda dan Ibadah yang Dianjurkan

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar," QS. Al Qadr.

Saat malam lailatl qodar tiba, hendaknya umat Islam meningkatkan amalam-amalan ibadahnya untuk meraih kemuliaan pada malam seribu bulan ini.

Adapun ibadah-ibadah yang dianjurkan pada malam lailatul qodar antara lain adalah:

  • Salat wajib dan sunnah

Salat wajib dianjurkan untuk dilaksanakan tepat waktu ditambah dengan mendirikan salat malam seperti shalat malam yang dilakukan antara Isya dan Subuh, di antaranya adalah shalat tarawih, shalat witir, dan shalat tahajud.

Baca Juga: 7 Tips dan Ketentuan Khatam Membaca Al Quran 30 Juz Selama Bulan Suci Ramadhan 2021

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x