Banpres BPUM UMKM Rp1,2 Juta dapat Dicek Online di BNI dan BRI, Siapkan KTP dan Login 2 Link Ini

- 5 Mei 2021, 08:58 WIB
Ilustrasi bantuan cair BPUM UMKM tahap 2 tahun 2021 dicek di link online BNI dan BRI.
Ilustrasi bantuan cair BPUM UMKM tahap 2 tahun 2021 dicek di link online BNI dan BRI. /Instagram.com/@bank_indonesia

BERITA DIY - Bantuan Produktif Usaha Mikro atau BPUM kembali disalurkan di tahun 2021 dan dapat dicek di dua link bank penyelur yakni BNI dan BRI yang akan memberikan keterangan apakah UMKM terdaftar sebagai penerima BPUM atau tidak.

Bagi UMKM yang disalurkan menggunakan rekening BNI dapat melakukan cek di banpresbpum.id  dan bagi pengguna rekening BRI dapat dicek melalui link eform.bri.co.id menggunakan NIK KTP.

BPUM tahun 2021 ini merpakan penyaluran tahap 2 dari BPUM tahun 2020 lalui untuk pelaku usaha mikro atau UMKM yang terdampak pandemi dengan nominal Rp1,2 juta satu kali pencairan.

Baca Juga: Penerima BLT UMKM Tahap 1 Bisa Dapat Lagi di Tahap 2 dengan Nominal Rp1,2 Juta, Cek NIK di banpresbpum.id

Pada tahap pertama, pemerintah telah menyediakan anggaran sebesar Rp11,76 triliun dengan jumlah 9,8 juta pelaku usaha mikro. Sedangkan, anggaran tahap kedua sebesar Rp3,6 triliun bagi 3 juta pelaku usaha mikro.

Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya sebelumnya mengatakan bahwa penyaluran BPUM bagi pelaku usaha mikro akan dilakukan secara bertahap sampai dengan kuartal ketiga tahun 2021.

Penerima BLT UMKM tahun 2020 lalu bisa kembali mendapatkan BPUM didasarkan pada Peraturan Menteri Koperasi dan UKM (Permenkop UKM) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Pedoman Umum Penyaluran BPUM, menggantikan Permenkop UKM Nomor 6 Tahun 2020.

Baca Juga: Siapkan KTP, BLT UMKM Rp 1,2 Juta Disalurkan di Bank BNI, Cek di banpresbpum.id untuk Cek Penerima

"BPUM diberikan kepada pelaku usaha mikro yang belum pernah menerima dana BPUM, atau telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya," demikian tertuang dalam Pasal 4 ayat 1 regulasi tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X