Cara Mengecat Dinding Rumah dengan Rapi agar Terlihat Indah bagi Pemula

- 4 Mei 2021, 21:00 WIB
cara mengecat dinding mudah.
cara mengecat dinding mudah. /Unplash / Andrea Davis

BERITA DIY - Bosan dengan tampilan warna cat dindinng atau warna sudah mulai memudar? Tentunya membuat dinding kembali terlihat fresh dan menarik diperlukan pengecatan ulang.

Namun, terkadang kegiatan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit seperti biaya cat, upah tukang, dan lain sebagaimananya.

Kamu bisa menekan dan meminimalisir pengeluaran dengan mengecatnya sendiri. Mayoritas orang seringkali enggan melakukan pengecetan dinding rumahnya sendiri karena merasa masih pemula dan takut dengan hasilnya yang tidak rapih.

Baca Juga: Profil Daniel Mardhany, Vokalis Deadsquad yang Terjerat Kasus Narkoba Pelarian Stres karena Kosong Job

Untuk itu artikel ini akan memberikan cara bagaimana mengecat dining rumah dengan rapih agar terlihat indah bagi pemula dikutip dari berbagai sumber.

1. Perhatikan cuaca

Saat hendak melakukan pengecatan, disarankan untuk tidak mengecat dinding pada musim hujan yang cenderung lembab karena akan membuat cat sulit mengering. Sebaliknya, pilihlah cuaca daat panas atau kering sehingga memudahkan mengecat dan memberikan hasil yang maksimal.

2. Inspeksi visual menyeluruh

Step yang sering dilewatkan bagi pengecat pemula adalah melakukan inspeksi visual menyeluruh. Langkah ini berguna untuk memastikan tampilan dinding nantinya sempurna tanpa cela. Inspeksi visual dilakukan untuk memastikan tidak ada retak rambut, lubang, maupun tumpukan semen yang menonjol. Jika ada, segera lakukan penanganan awal seperti mengamplas atau menambalnya. Ini tergantung pada masalah yang terjadi pada dinding rumah milikmu. Pastikan juga mengikis cat lama terlebih dahulu jika warnanya bukan putih. 

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X