Isu Dipecat Mencuat, Begini Sepak Terjang Novel Baswedan di KPK dalam Memberantas Korupsi

- 4 Mei 2021, 13:59 WIB
Isu Dipecat Mencuat karena Tak Lulus Tes ASN, Begini Sepak Terjang Novel Baswedan di KPK dalam Memberantas Korupsi.
Isu Dipecat Mencuat karena Tak Lulus Tes ASN, Begini Sepak Terjang Novel Baswedan di KPK dalam Memberantas Korupsi. /Antara Foto/Dhemas Reviyanto/aa

BERITA DIY - Karena sebagian besar kariernya tak lepas dari lembaga pemberantas korupsi KPK, nama Novel Baswedan dikenal sangat lekat dengan lembaga tersebut.

Akan tetapi kabar terbaru Novel Baswedan menggegerkan seantero negeri. Pasalnya, karena tak lolos tes wawasan kebangsaan, ia terancam dipecat dari KPK.

Tes tersebut dilakukan sebagai imbas adanya UU baru KPK yang berdampak pada proses alih status pegawai KPK menjadi ASN.

Baca Juga: Nino Telfon Elsa Saat Berdebat Tentang Kopi, Ini Ancaman Mengerikan Ricky? Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini

Namun, meski berembus kabar bahwa ia terancam mengalami pemecatan, sejatinya nasib Novel punsesungguhnya belum begitu jelas.

Novel sendiri sudah mendengar kabar pemecatan yang menimpa dirinya itu. Hal itu ia utarakan sendiri pada Selasa, 4 Mei 2021.

Novel rupanya bukanlah satu-satunya yang tak lolos tes. Ada beberapa orang yang bernasib sama dengan Novel, di antaranya Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap; penyidik senior Ambarita Damanik; dan sejumlah kasatgas penyidikan internal KPK; hingga pejabat struktural.

Anehnya, sosok-sosok yang tak lolos itu bukanlah pekgawai biasa, melinkan sebagian besar berkontribusi dalam menangani kasus-kasus korupsi kelas kakap.

Apa yang terjadi di KPK saat ini, kata Indonesia Corruption Watch (ICW), adalah babak akhir dari rangkaian episode pemberangusan KPK.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X