Cara agar Dapat Menemui Malam Lailatul Qodar, Lengkap Tanda-tanda dan Ibadah yang Dianjurkan

- 1 Mei 2021, 13:38 WIB
Ilustrasi beribadah di malam lailatul qodar, malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan.
Ilustrasi beribadah di malam lailatul qodar, malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. /PIXABAY/aamiraimer

BERITA DIY - Malam lailatul qodar adalah malam dimana kitab suci Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT melalui malaikatnya kepada Nabi Muhammad SAW dari Lauful Mahfudz ke Baitul Izzah (langit) dunia.

Al-Quran menyebut malam lailatul qadar sebagai malam seribu bulan dan menjadi nama salah satu surah dalam Al-Quran yakni Surah Al-Qadr.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar," QS. Al Qadr.

Baca Juga: Selain Nastar dan Kastengel, Ini Daftar Kue Lebaran yang Enak, Murah, dan Mudah Dibuat di Rumah

Malam lailatul qodar tidak diketahui kapan datangnya, namun Rasulullah SAW telah bersabda bahwa malam kemuliaan ini akan hadir di malam ganjil pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan.

"Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan," diriwayatkan oleh HR. Imam Bukhari.

Sebagai malam kemuliaan di bulan Ramadhan, terdapat beberapa ciri atau tanda untuk menemui malam lailatul qadar karena terdapat beberapa tanda yang dapat dirasakan dan diketahui oleh manusia.

Udara malam lailatul qodar hingga paginya tenang dan lembut, tidak terdengar suara-suara hewan sehingga malam ini cenderung sepi.

Baca Juga: Hukum Muntah Saat Puasa, Bisa Batal dan Bisa Tidak? Simak Penjelasannya

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X