Ini Dia Sepak Terjang Munarman, dari Ketum YLBHI Hingga Jadi Buronan Densus 88

- 28 April 2021, 20:05 WIB
Munarman
Munarman /Antara/Fianda Rassat

 

BERITA DIY - Siapa tak kenal Munarman? Barangkali, publik Indonesia mulai mengetahui siapa Munarman saat ia mulai aktif bersama ormas Front Pembela Islam (FPI).

Sifatnya yang keras, agresif, dan tak pandang bulu, membuat Munarman cepat mendapatkan perhatian publik. Baik dari publik yang benci, bahkan hingga yang menyukainya.

Munarman adalah seorang advokat kawakan kelahiran Palembang, 16 September 1968. Ia memang dikenal sebagai anggota FPI yang keras membela Rizieq Shihab akhir-akhir ini.

Baca Juga: Insipirasi Hidangan Idul Fitri: Resep Kue Kering Sagu Keju

Namun, jangan salah, Munarman nyatanya sempat menjadi Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) pada Oktober 2002 silam.

Seperti diketahui, YLBHI merupakan lembaga bantuan hukum yang berfokus pada gerakan advokasi rakyat kecil yang diinisiasi oleh Adnan Buyung Nasution.

Tak hanya di YLBHI, beberapa tahun sebelumnya, Munarman juga pernah menjadi koordinator Kontras Aceh pada 1999-2000. Tak jauh berbeda seperti YLBHI, Kontras juga bergerak di bidang advokasi HAM.

Baca Juga: Aldebaran Menderita, Elsa Selalu Lolos dan Cerita yang Semakin Rumit Membuat Fans Ikatan Cinta Kecewa

Dua posisi penting itu membuat Munarman sempat mendapatkan gelar sebagai seorang aktivis HAM pada kisaran tahun 1990an hingga awal milenium kedua.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x