Arti Taqoballahu Minna Waminkum yang Diucapkan di Hari Raya Idul Fitri dan Balasan Ucapannya

- 28 April 2021, 15:31 WIB
Ilustrasi ucapan saat hari raya idul fitri umat Islam.
Ilustrasi ucapan saat hari raya idul fitri umat Islam. /Pixabay/muhammadrizkyklinsman

BERITA DIY - Bulan Ramadhan sudah berjalan setengahnya untuk menuju hari raya Idul Fitri yang akan jatuh di tanggal 13 April 2021.

Saat hari raya tiba, biasanya setiap umat muslim akan mengucapkan ucapan selamat hari raya kepada umat muslim lainnya yang ditemui atau mengucapkan kalimat Taqoballahu Minna Waminkum.

Banyak masyarakat yang menyalahartikan ucapan Taqoballahu Minna Waminkum dengan menyamakannya sebagai ucapan selamat hari raya Idul Fitri, padahal Taqoballahu Minna Waminkum memiliki arti 'semoga Allah menerima amalku dan amal kalian'.

Baca Juga: 7 Tips dan Ketentuan Khatam Membaca Al Quran 30 Juz Selama Bulan Suci Ramadhan 2021

Apabila seorang muslim mendapatkan ucapan Taqoballahu Minna Waminkum maka alangkah baik baginya untuk memberikan ucapan atau salam penghormatan yang lebih baik atau sepadan dengan yang diucapkan.

Perintah untuk membalas salam penghormatan ini tertuang dalam Qur'anan Surah An Nisa ayat 86, yang bunyinya sebagai berikut:

 وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

wa iżā ḥuyyītum bitaḥiyyatin fa ḥayyụ bi`aḥsana min-hā au ruddụhā, innallāha kāna 'alā kulli syai`in ḥasībā

Baca Juga: Kumpulan Doa Penenang Hati agar Damai dan Tentram, LENGKAP Arab, Latin, dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x