Sejarah dan Asal Muasal Mitos Babi Ngepet yang Melegenda di Indonesia

- 28 April 2021, 15:27 WIB
Sejarah dan Asal Muasal Mitos Babi Ngepet, makhluk jadi-jadian yang bisa mencuri uang, yang Melegenda di Indonesia.
Sejarah dan Asal Muasal Mitos Babi Ngepet, makhluk jadi-jadian yang bisa mencuri uang, yang Melegenda di Indonesia. /Pixabay/Gorkhs

BERITA DIY - Masyarakat tengah dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan sekelompok warga menangkap babi ngepet. Kejadian itu terjadi di Kota Depok, Jawa Barat, tepatnya di RT 02 RW 04 Bedahan, Sawangan, pada Selasa, 27 April 2021 dini hari.

Abdul Rosad selaku Ketua RW 4 Bedahan mengatakan bahwa babi ngepet itu sudah meresahkan warga karena banyak warga yang kerap kehilangan uang.

Penangkapan terhadap babi ngepet itu dilakukan dengan cara mematikan semua lampu rumah warga. Cara ini dilakukan karena sebelumnya upaya menangkapa babi tersebut selalu gagal.

Baca Juga: Indonesia Kehilangan Salah Satu Putra Terbaiknya, Addie MS Ucapkan Duka Cita atas Kepala BIN Papua

Abdul Rosad menuturkan, warganya telah menyaksikan sendiri dengan cara mengintip dari rumah mereka masing-masing. Berawal dari memakai jubah hitam sampai berubah ngepet.

Agar bisa menangkap si babi ngepet, kata Abdul Rosad, warga ramai-ramai bugil. Hal ini perlu dilakukan karena babi tak bisa terlihat atau tertangkap jika warga masih mengenakan pakaian secara lengkap.

Bagi masyarakat Indonesia sendiri, babi ngepet bukanlah hal baru, terutama bagi masyarakat Sunda dan Jawa.

Menurut kepercayaan Jawa dan Sunda babi ngepet adalah makhluk berupa babi yang berasal dari jelmaan manusia. Guru Besar Pendidikan Bahasa Jawa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Suwardi Endraswara dalam bukunya "Dunia Hantu Orang Jawa" (2003) menyebut ada lebih dari 20 jenis hantu yang melingkupi hidup manusia.

Dari 20 jenis hantu tersebut, dikelompokkan lagi menjadi dua:

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x