Kapankah Waktu Imsak Itu? Apakah Adzan Subuh adalah Penanda Berakhirnya Sahur? Berikut Penjelasannya

- 26 April 2021, 16:03 WIB
Ilustrasi waktu yang tepat untuk berhenti sahur sebelum puasa.
Ilustrasi waktu yang tepat untuk berhenti sahur sebelum puasa. /Pixabay/mohammed_hassan

BERITA DIY – Sahur merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi ketika melaksanakan puasa. Sahur dilakukan pada waktu dini hari dan berhenti sebelum adzan subuh dikumandangkan.

Namun waktu pelaksanaan sahur sebenarnya masih menimbulkan banyak perdebatan, pasalnya di Indonesia kita tahu ada pemberitahuan berhenti sahur yakni imsak. Padahal di dalam kitab Al Quran atau pun hadist tidak terdapat istilah imsak.

Lantas bagaimanakan sebenarnya mengenai imsak dan kapankah waktu yang benar untuk berhenti makan sahur? Berikut penjelasannya,

Baca Juga: Cek Link cekbansos.kemensos.go.id Sekarang, Bansos Sembako Rp 200 Ribu Cair Bulan Ini

Banyak orang khususnya warga Indonesia mengira bahwa imsak merupakan waktu untuk berhenti makan sahur. Jika ada orang yang masih makan atau minum ketika imsak maka sahurnya dianggap tidak sah begitu pun puasanya.

Ustadz Khalid Basalamah melalui channel YouTube miliknya, Khalid Basalamah Official pernah membahas secara rinci mengenai kapan waktu yang tepat untuk berhenti makan sahur.

Melalui konten video itu, Ustadz Khalid Basalamah mengatakan jika waktu berhenti sahur bukanlah saat imsak. Melainkan ketika adzan subuh berkumandang.

 Baca Juga: Profil Nella Kharisma Istri Dory Harsa yang Umumkan Sudah Hamil 6 Bulan

“Sebenarnya imsak itu subuh, imsak itu artinya menahan. Kalau saya pribadi belum pernah menemukan dalil yang membahas waktu imsak secara khusus beberapa menit sebelum adzan subuh,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x