Mengenal 5 Zona Kedalaman Laut dan Hewan yang Hidup di Dalamnya, dari Jurang hingga Palung

- 25 April 2021, 16:26 WIB
Ilustrasi: Zona kedalaman laut dan hewan yang tinggal di dalamnya.
Ilustrasi: Zona kedalaman laut dan hewan yang tinggal di dalamnya. /pixabay/ Skitterphoto

BERITA DIY – Perairan laut di bumi ini terbagi menjadi lima zona kedalaman yang ditinggali oleh spesies hewan yang beragam. Kenali pembagian zona kedalaman laut dan hewan yang hidup di dalamnya berikut ini.

Bumi tempat kita tinggal terbagi menjadi wilayah daratan dan lautan, lautan menutupi lebih dari 70 persen permukaan bumi. Selain itu, laut menghasilkan lebih dari 50 persen udara yang kita hirup.

Lautan dibagi menjadi lima zona: zona epipelagik atau the sunlight zone, zona mesopelagik atau the twilight zone, zona bathypelagic atau the midnight zone, zona abyssopelagic atau jurang, dan zona hadopelagic atau palung laut dalam.

Baca Juga: Daftar 20 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

Berikut penjelasan zona kedalaman laut dan hewan yang hidup di dalamnya yang telah di rangkum BERITA DIY dari laman oceana.org, selengkapnya.

  1. Zona Epipelagik Atau The Sunlight Zone

Zona epipelagik merupakan samudra terbuka bagian atas yang terdiri dari ilayah permukaan hingga kedalaman 650 kaki.

Epipelagic adalah rumah bagi semua jenis hewan ikonik, seperti paus dan lumba-lumba, billfish, tuna, ubur-ubur, hiu, dan banyak kelompok lainnya.

Alga yang hidup di zona epipelagic bertanggung jawab atas sebagian besar produksi makanan asli untuk seluruh lautan dan menghasilkan setidaknya 50% oksigen di atmosfer

  1. Zona Mesopelagik Atau The Twilight Zone

Zona mesopelagik atau juga disebut dengan the twilight zone dan samudara terbuka tengah memiliki wilayah kedalaman 650 kaki hingga 3.300 kaki.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x