6 Cara Mencegah Asam Lambung saat Puasa, Lakukan dan Hindari Makanan dan Minuman Ini!

- 19 April 2021, 12:28 WIB
Ilustrasi sakit perut akibat asam lambung.
Ilustrasi sakit perut akibat asam lambung. /Pixabay/derneuemann

BERITA DIY - Asam lambung merupakan sebuah penyakit pencernaan dimana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan sehingga timbul gejala mulai dari mual, kembung, hingga nyeri pada ulu hati.

Dilansir dari Healthline, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan produksi gastrin berlebihan hingga berakibat asam lambung tinggi.

Gastrin merupakan hormon yang memberikan instruksi perut untuk memproduksi lebih banyak asam lambung demi kelancaran proses pencernaan.

Baca Juga: 10 Manfaat Kurma Ajwa yang Jadi Kesukaan Nabi, Penawar Racun dan Cocok untuk Buka Puasa Ramadhan

Asam lambung yang berlebihan tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut ditambah lagi dengan kondisi sedang menjalani ibadah puasa.

Agar ibadah puasa dapat berjalan lancar, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah asam lambung saat puasa sebagai berikut:

  • Minum air putih hangat ketika berbuka puasa

Saat berbuka puasa, alangkah lebih baik apabila mengawali dengan minum air putih hangat yang tujuannya ialah membuka jalan pencernaan, menenangkan perut, dan menahan asam lambung untuk naik secara drastis sehingga gangguan asam lambung dapat dihindari.

  • Minum air dengan cukup dan tidak menunda makan

Memasuki waktu berbuka, hendaknya tidak menunda untuk makan terlalu lama karena tubuh memerlukan pemulihan energi.

Hindari minum air terlalu banyak agar tidak merasa kembung dan begah, namun minumlah air dengan cukup dan makan dengan imbang.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x