Doa-doa Katolik: Doa Sebelum dan Sesudah Menerima Komuni

- 17 April 2021, 16:25 WIB
Ilustrasi: Doa Katolik Sebelum dan Sesudah Menerima Komuni.
Ilustrasi: Doa Katolik Sebelum dan Sesudah Menerima Komuni. /pixabay/ RobertCheaib

BERITA DIY – Setiap kali umat Katolik pergi ke gereja dan merayakan ekaristi, umat Katolik akan menerima Komuni. Berikut adalah doa yang didaraskan sebelum dan sesudah menerima komuni.

Komuni Kudus yang diterima setiap perayaan ekaristi itu bukan roti biasa atau sekedar roti melainkan sudah berubah hakekatnya menjadi Tubuh Kristus walau wujudnya tetap berupa roti. Tata cara menyambut komuni yang paling lazim dilakukan adalah dengan menyambut Komuni Kudus di atas telapak tangan kiri sambil berdiri.

Sikap yang harus dilakukan saat akan maju menyambut komuni adalah sikap hormat. Setelah menerima komuni, umat menanggapi dnegan menyatakan Amin setelah pembagi komuni mengatakan Tubuh Kritus.

Baca Juga: Doa-doa Katolik: Doa Sesudah Bekerja

Doa Sebelum Komuni

Ya Allah, bagaikan rusa merindukan sungai, demikianlah hatiku rindu pada-Mu. Hatiku haus akan Dikau, Allah yang hidup.

Tuhan Yesus Kristus, seperti kerinduan pemazmur akan Allah yang hidup , demikianlah hatiku rindu akan Tubuh dan Darah-Mu, akan Dikau sendiri. Maka sudilah Engkau datang dan bersemayamlah di dalam hatiku. Jadikanlah aku kemah kediaman-Mu sendiri.

Tuhan, sucikanlah hatiku agar pantas menyambut-Mu . Semoga kehadiran-Mu memberikan kekuatan untuk mengamalkan amanat kasih-Mu. Sebab Engkaulah Tuhan kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

Doa Sesudah Komuni

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x