Pos Indonesia Masih Cairkan BST Rp300 Ribu hingga April, Cek Online Penerima Bansos Klik dtks.kemensos.go.id

- 15 April 2021, 18:10 WIB
Dokumentasi pencairan dana bansos tunai atau BST yang cair bulan April 2021.
Dokumentasi pencairan dana bansos tunai atau BST yang cair bulan April 2021. /ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

BERITA DIY – PT. POS Indonesia masih melakukan pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu kepada masyarakat hingga bulan April 2021.

“Pendistribusian BST masih berjalan hingga April. Adanya BST ini masyarakat merasa sangat terbantu, banyak yang berharap bantuan bisa terus digulirkan,” ungkap Haris, selaku Ketua Satgas BST Pos Indonesia, seperti dikutip dari ANTARANEWS, Kamis, 1 April 2021.

Masyarakat yang merasa memenuhi syarat sebagai penerima BST Rp300 ribu, dapat cek online terlebih dahulu melalui link https://dtks.kemensos.go.id, dengan cara berikut:

Baca Juga: Cara Cek Bansos Tunai BST Rp 300 Ribu di dtks.kemensos.go.id Pakai KTP dan Kartu KIS

  • Klik link https://dtks.kemensos.go.id
  • Siapkan KTP, ID DTKS, Nomor Kartu Sembako, atau Nomor Peserta Kartu PKH
  • Pilih ID Kartu yang akan dipakai
  • Masukkan nomor ID
  • Masukkan nama sesuai KTP
  • Masukkan kode captcha secara acak
  • Klik cari

Apabila dinyatakan menjadi penerima, maka ID KTP atau nomor identitas lainnya akan dinyatakan sebagai terdaftar penerima BST Rp300 ribu dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang cair pada bulan April 2021.

Bulan April 2021, penyaluran dana Bansos BST Rp300 ribu dari Kemensos merupakan pencairan yang terakhir.

Baca Juga: Cara Cek Online Penerima BPUM BRI di link eform.bri.co.id/bpum pakai KTP dan Cara Daftar BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Seperti dikutip dari ANTARANEWS, 31 Maret 2021, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyampaikan jika tidak ada anggaran untuk melanjutkan BST tersebut.

“Kalau misalkan di daerah masih ada warga yang perlu ditolong, mereka masih bisa mengajukan ke kami, nanti kami bantu dalam bentuk BPNT (bantuan pangan non-tunai),” tambah Risma.

BPNT merupakan bansos senilai Rp200 ribu akan diberikan kepada masyarakat yang dinyatakan benar-benar masih membutuhkan dana bansos, ketika BST Rp300 ribu sudah tidak cair.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x