Nias Barat Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,5

- 14 April 2021, 20:27 WIB
Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Nias Barat.
Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Nias Barat. /twitter.com/@infoBMKG/

BERITA DIY - Gempa kembali guncang Indonesia. Kali ini terjadi gempa tektonik dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara, pada Rabu, pukul 17.55 WIB dengan kedalaman pusat gempa 10 km.

Pusat gempa berada pada koordinat 0,14 LU dan 96,65 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 133 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Gempa tidak berpotensi tsunami.

"#Gempa Mag:5.6, 14-Apr-21 17:55:13 WIB, Lok:0.14 LU,96.51 BT (140 km BaratDaya NIASBARAT-SUMUT), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG," tulis akun twitter resmi BMKG @infoBMKG.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Witir dan Doa Mustajab setelah Witir LENGKAP dalam Arab, Latin, dan Terjemahan Indonesia

Baca Juga: Mudik Sebelum Tanggal 6 Mei Diperbolehkan, Polri Tegaskan Tidak Ada Penyekatan

Keterangan tertulis BBMKG Wilayah I Medan, menyebutkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas tektonik di zona outer-rise.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Guncangan gempa bumi itu dirasakan di daerah Sirombu II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x