5 Orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan 1442 H

- 10 April 2021, 17:22 WIB
Ilustrasi: orang tua lanjut usia
Ilustrasi: orang tua lanjut usia /pixabay/Free-Photos

BERITA DIY - Tinggal hitungan hari umat muslim memasuki bulan suci Ramadhan 1442 H. Perkiraan awal bulan Ramadan jatuh tanggal 13 April 2021.

Puasa Ramadan merupakan kewajiban yang dilaksanakan oleh umat muslim. Hal tersebut dilakukan 30 hari di bulan syawal.

Dengan Puasa Ramadan sebagai kewajiban umat muslim, Perlu diketahui tidak semua umat muslim diwajibkan puasa saat bulan Ramadhan, ada beberapa orang yang diperbolehkan tidak melaksanakan puasa Ramadan karena suatu alasan tertentu. Bisa karena kondisi kesehatan dan karena memang diharamkan berpuasa.

Baca Juga: Kabar Duka dari Klub Inggris Manchester United, Peraih 20 Juara Liga Berduka atas Wafatnya Pangeran Philip

Berikut Orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa:

1. Orang yang Sedang Sakit

Orang yang sedang sakit tidak diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan tapi wajib membayar puasa tersebut sesuai yang ditinggalkan. Tidak semua sakit diperbolehkan tidak puasa, jika dengan melakukan puasa membuat sakitnya lebih parah, maka diperbolehkan tidak berpuasa. 

2. Orang Tua / Orang Lanjut Usia (Lansia)

Kekuatan untuk menahan lapar pada lansia tidak sekuat orang yang masih muda. Metabolisme tubuhnya sudah tidak berfungsi seperti orang normal. Namun sebagai gantinya, lansia tidak mengganti puasa di lain hari, lansia diwajibkan untuk membayar fidyah yaitu dengan memberi makan fakir miskin setiap kali orang tersebut tidak berpuasa.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x