Viral Jet Pengebom AS Terbang Rendah di Kilang Minyak RI, TNI: Tidak Menerobos Teritorial

- 8 April 2021, 16:49 WIB
Ilustrasi jet tempur.
Ilustrasi jet tempur. /Pixabay/ArtTower

BERITA DIY - Warganet Tanah Air dikagetkan dengan sebuah video amatir yang memperlihatkan sebuah jet tempur milik asing terbang rendah di atas sebuah kilang minyak berbendera Indonesia.

Setelah ditelusuri, ternyata jet tempur tersebut merupakan jet F-18 Hornet milik US Navy atau angkatan laut Amerika Serikat (AS).

Belakangan, dikabarkan bahwa jet tempur negeri Paman Sam itu terbang rendah di atas FPSO (Floating, Production, Storage ans Off loading Vessel) Kakap Natuna yang dioperasikan oleh perusahaan minyak berbendera merah putih.

Baca Juga: Tak Terima Bunga dari Anies Baswedan Dikaitkan dengan Pilpres 2024, Susi Pudjiastuti: Dasar Kompor

Melalui pantauan radar TNI, F-18 Hornet tersebut terbang dalam jarak 169 mil di sebelah barat Kepulauan Natuna. Jarak ini tentunya terlalu dekat bagi ukuran pesawat tempur asing yang terbang rendah.

Jika merujuk kepada keterangan TNI, melalui Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma Indan Gilang Buldhansyah, jet tempur AS tersebut tidak melanggar teritorial Indonesia.

Menurut Gilang jet tempur AS itu terbang di atas wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan bukan teritorial. Sehingga tidak ada unsur pelanggaran yang dilakukan oleh AS.

Baca Juga: Hari Ini Batas Akhir Beli Pelatihan Prakerja Gelombang 13, Jika Telat Insentif Hangus

"Atas kejadian tersebut, disampaikan bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia," kata Gilang seperti dikutip dari Zonajakarta.com, Kamis, 8 April 2021.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x