Sangat Dianjurkan, Berikut 7 Amalan di Malam Nisfu Syaban Minggu, 28 Maret 2021 dan Keutamaannya

- 28 Maret 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi orang yang sedang berdoa pada malam Nisfu Syaban.
Ilustrasi orang yang sedang berdoa pada malam Nisfu Syaban. /Pixabay/Erickromansyah9

BERITA DIY - Umat muslim kembali bertemu dengan Bulan Syaban 1442 Hijriyah sebelum Bulan Ramadhan sebagai pengingat bagi umat Muslim yang masih memiliki tanggungan puasa untuk melunasi kewajibannya.

Di bulan Syaban, umat muslim akan bertemu dengan malam Nisfu Syaban yakni malam pertengahan bulan Syaban yang diperingati setiap tanggal 15 Syaban dan akan jatuh pada Minggu, 28 Maret 2021.

Pada malam Nisfu Syaban, Rasulullah SWT menganjurkan umatnya, umat Islam untuk memperbanyak ibadah atau amalan-amalan baik karena malam Nisfu Syaban dikenal dengan malam berdoa, malam pembebasan, malam pengampunan dosa, dan malam untuk beribadah.

Baca Juga: Puasa Nisfu Syaban Kapan? Berikut 5 Amalan Baik yang Menyertainya yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Baca Juga: Bacaan Sholawat Nabi dan Keutamaannya: Lengkap Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

"Nabi SAW bersabda, 'Apabila tiba malam Nisfu Syaban maka sholatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman, 'Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rizki, maka akan kuberikan rizki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, adakah sedemikian, hingga terbit fajar." (HR Imam Ibn Majah).

Adapun amalan-amalan lain yang dapat dilaksanakan dalam memperingati malam Nisfu Syaban adalah sebagai berikut:

  • Puasa Nisfu Syaban

Puasa Nisfu Syaban dilakukan pada tanggal 15 bulan Syaban atau pada tanggal 28 Maret 2021 yang akan datang.

Puasa Nisfu Syaban merupakan salah satu puasa sunah yang utama karena di bulan ini amalan baik diangkat kepada Allah Swt dan puasa satu ini menjadi pengingat bagi perempuan yang belum genap menunaikan puasa Ramadan di tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x