Apa itu Isra' Mi'raj? Peristiwa Penting bagi Umat Islam Dunia Tentang Perintah Salat, Ini Kisahnya

- 3 Maret 2021, 14:51 WIB
Ilustrasi umat muslim yang sedang berdoa usai melaksanakn ibadah salat.
Ilustrasi umat muslim yang sedang berdoa usai melaksanakn ibadah salat. /Pixabay/Konevi

BERITA DIY - Ibadah salat lima waktu merupakan ibadah yang wajib didirikan oleh umat muslim dari berbagai penjuru dunia sebagai kegiatan menyembah Allah SWT. Perintah slat pertama kali dilaksanakan setelah adanya peristiwa Isra Mikraj.

Peristiwa Isra Mikraj adalah peristiwa penting bagi umat Islam di dunia karena pada peristiwa inilah perintah ibadah salat diberikan oleh bagi seluruh umat Islam di dunia.

Isra Mikraj merupakan bagian kedua dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW atau Rasulullah dalam waktu satu malam saja.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat 5 Waktu: Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Baca Juga: Bacaan Niat Shalat Qadha, Lengkap dengan Hukum dan Tata Caranya

Kejadian isra Mikraj ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam lantaran pada peristiwa inilah Rasulullah SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam kepada nabi dan umat Islam.

Penggambaran tentang kejadian Isra Mikraj dapat dilihat dalam Surah Al-Isra yakni surah ke-17 dari Kitab Suci Al-Qur'an.

Isra Mikraj merupakan gabungan dua peristiwa berbeda yakni Isra dan Mikraj. Meski dmeikian, tidak sedikit dari masyarakat menggabungkan Isra Mikraj menjadi satu peristiwa yang sama.

Dalam peristiwa Isra, Nabi Muhammad 'diberangkatkan' oleh Allah SWT dari Masjidilharam sampai Masjidilaqsa, dan dalam Mikraj, Nabi Muhammad 'dinaikkan' ke langit sampai ke Sidratulmuntaha yang merupakan tempat tertinggi dari langit.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x