Doa Makan Kristen

- 3 Maret 2021, 11:35 WIB
Ilustrasi: Doa Makan Kristen
Ilustrasi: Doa Makan Kristen /pixabay/ congerdesign

BERITA DIY – Segala bentuk aktivitas yang dilakukan orang Kristen selalu melibatkan Tuhan. Begitu pula pada saat makan, orang Kristen biasanya akan berdoa sebelum dan sesudah makan.

Doa sebelum makan bertujuan untuk mengucapkan syukur atas berkat dan penyertaan Tuhan sehingga boleh menerima makanan. Sementara doa setelah makan bertujuan untuk memohonkan agar makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkat dan energi yang menguatkan.

Doa sebelum makan dan doa sesudah makan merupakan serangkaian yang wajib didoakan. Berikut contoh doa makan Kristen baik doa sebelum makan dan sesudah makan yang dapat didoakan baik secara pribadi ataupun kelompok.  

Baca Juga: Wanita Wajib Baca! Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Rambut, Salah Satunya Malas untuk Keramas

Doa Sebelum Makan

  1. Ya Tuhan, kami sekeluarga berkumpul di sini untuk menikmati hidangan yang tersedia. Tuhan, berkatilah kami dan karunia-Mu ini agar berguna bagi kami untuk senantiasa berbakti kepada-Mu. Berkatilah pula mereka yang menyiapkan makanan ini dan bantulah saudara-saudara kami yang kekurangan. Tuhan, berkatilah kami dan segala pemberian yang kami terima dari kemurahan. Terima kasih Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus kami memuji dan mengucap syukur. Amin.
  2. Allah Bapa mahamurah, kami bersyukur atas makanan yang Kau sediakan bagi kami sebagai tanda kemurahan dan penyelenggaraan-Mu. Berkatilah makanan ini agar berguna bagi kesehatan kami, berkatilah mereka yang telah menyediakannya dan berkatilah pula kami semua yang kini berkumpul untuk makan bersama. semoga perjamuan ini memupuk semangat persaudaraan di antara kami dan mengingatkan kami akan Yesus Kristus yang telah menjadikan perjamuan sebagai sarana kehadiran-Nya di tengah kami, para murid-Nya. Dialah Tuhan, pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin

Baca Juga: Ibu Harus Tahu! Aneka Cemilan Sehat Untuk si Buah Hati, Salah Satunya Sereal

Doa Sesudah Makan

  1. Tuhan, kami mengucap syukur atas makanan ini dan atas cinta kasih mereka yang telah menghidangkannya. Tuhan kami tahu Engkau menjaga seluruh makhluk ciptaan-Mu, kami mohon bukalah mata dan hati kami terhadap kebutuhan dan penderitaan yang kami jumpai. Tuhan berilah makanan secukupnya bagi saudara kami yang kekurangan dan berkatilah mereja serta semua orang yang telah menaruh perhatian pada kesejahteraan sesama. Terima kasih Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus kami memuji dan mengucap syukur. Amin.
  2. Bapa yang mahamurah, terima kasih atas rezeki yang baru saja kami nikmati. Semoga tanda kemurahan-Mu ini memberikan kekuatan baru untuk meningkatkan pengabdian kami kepada-Mu dan pelayanan kami kepada sesama. Semoga makanan ini menumbuhkan dalam hati kami kerinduan akan Yesus Kristus, roti hidup yang turun dari Surga. Kami mohon berkat-Mu bagi mereka yang tidak makan pada hari ini, karena puasa, sakit, dan miskin. Berkatilah pula semua orang yang mengusahakan pemerataan pangan bagi manusia. Semua ini kami mohon dengan pengantaraan Yesus Kristus, rezeki rohani uang bertahan sampai kehidupan abadi. Amin

Demikian contoh doa makan kristen meliputi doa sebelum makan dan doa sesuadah makan yang dapat didoakan secara pribadi maupun kelompok.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x