Kabar Kurang Sedap Selimuti Indonesia, Wamenkes Umumkan 2 Kasus Mutasi Covid-19 B117 di Indonesia

- 2 Maret 2021, 17:37 WIB
Ilustrasi virus. Kabar Kurang Sedap Selimuti Indonesia, Wamenkes Umumkan 2 Kasus Mutasi Covid-19 B117 di Indonesia.*
Ilustrasi virus. Kabar Kurang Sedap Selimuti Indonesia, Wamenkes Umumkan 2 Kasus Mutasi Covid-19 B117 di Indonesia.* /Pixabay/Fernandozhiminaicela

BERITA DIY - Kabar kurang menyenangkan datang ketika Covid-19 di Indonesia tepat di momen satu tahun sejak kasus pertama Covid-19 pada 2 Maret 2020 lalu.

Ditemukan dua kasus mutasi virus SARS-CoV-2 B117 di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono.

“Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tepat satu tahun ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia,” tutur Dante Saksono Harbuwono, sebagaimana dikutip BERITA DIY dari Kanal YouTube Kemenristek/BRIN pada Selasa, 2 Maret 2021.

Baca Juga: Indonesia Berduka, Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra Berduka Cita atas Meninggalnya M. Yasin Ardhy

“Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” katanya.

Seperti diketahui, varian virus itu pertama kali muncul di Inggris dan menyebar ke lebih dari 33 negara.

Ditemukannya dua kasus B117 di saat pandemi Covid-19 yang belum reda, Dante Saksono Harbuwono mengatakan masyarakat akan menghadapi pandemi yang semakin berat.

“Kita sudah menemukan dua kasus tadi malam dan refleksi itu membuat tantangan baru kita untuk lebih mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset semakin cepat,” ujarnya.

Dante menambahkan, temuan itu didapatkan dari pemeriksaan terhadap 462 sampel dengan metode Whole Genome Sequence (WGS) yang dilakukan dalam beberapa bulan belakangan ini.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x