Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Aplikasi

- 2 Maret 2021, 10:20 WIB
Ilustrasi: Cara mengembalikan file yang terhapus di Flashdisk
Ilustrasi: Cara mengembalikan file yang terhapus di Flashdisk /pixabay/ stocksnap

BERITA DIY – Anda mungkin pernah mengalami kehilangan data file maupun folder di flashdisk. Jika hal itu terjadi, Anda dapat mencoba mengikuti cara berikut ini untuk mengembalikan file atau folder yang terhapus di flashdisk tanpa menggunakan aplikasi.

Berbagai hal dapat menyebabkan file pada flashdisk terhapus seperti mencabut flashdisk ketika sedang digunakan, terinfeksi malware, terkena virus, tidak sengaja terhapus hingga kerusakan pada hardware flashdisk itu sendiri.

Sebelum Anda mencoba mengembalikan file yang terhapus di flashdisk Anda, pastikan bahwa file atau folder tersebut tidak terhindden atau tersembunyikan. Jika memang hanya terhidden, data tersebut tidak hilang dan dapat di unhidden dengan cara yang lebih mudah.

Baca Juga: Daftar 21 Mobil yang Kena Pajak PPnBM 0 Persen di Maret 2021 Beserta Perhitungannya

Namun jika file atau folder Anda benar-benar terhapus, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus tanpa menggunakan aplikasi.

  1. Masukkan flashdisk ke USB port komputer
  2. Buka Windows Command Prompt dengan cara, tekan Windows+R lalu ketik ‘Cmd’
  3. Setelah itu, tuliskan ‘chkdsk H:/f’ kemudian Enter
  4. Ketik ‘Y’, tekan Enter lagi
  5. Ketik ‘H’ atau lokasi flashdisk lalu tekan Enter
  6. Ketik ‘H:>attrib –h-r-s/s/d*.*’ tunggu hingga selesai.

Bila proses sudah selesai, akan terdapat sebuah folder berisi file yang telah terhapus dalam flashdisk. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan Anda menuliskan lokasi flashdisk pada explore dengan benar.

Baca Juga: Mobil-mobil Ini Bisa Dibeli dengan DP 0 Persen! Apa saja? Simak!

Jika pada komputer atau laptop Anda, flashdisk tersebut berada di data ‘G’ maka, ganti huruf H di atas dengan huruf  ‘G’. Meskipun sedikit merepotkan namun kemungkinan data yang hilang pada flashdisk tersebut dapat kembali lagi menggunakan cara ini.

Apabila file atau folder sudah berhasil kembali setelah terhapus, jangan lupa melakukan back up data di folder lain, flashdisk lain, perangkat hingga mengupload file atau folder penting di Google Drive untuk mengantisipasi file atau folder kembali hilang.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x