Daftar 21 Mobil yang Kena Pajak PPnBM 0 Persen di Maret 2021 Beserta Perhitungannya

- 2 Maret 2021, 09:36 WIB
Tangkapan layar instagram @kemenkeuri pajak mobil 0 persen/Instagram
Tangkapan layar instagram @kemenkeuri pajak mobil 0 persen/Instagram /
 
BERITA DIY - Diskon pajak pembelian mobil baru sah berlaku mulai kemarin, Senin, 1 Maret 2021. Keringanan ini buah dari terbitnya aturan mengenai diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil baru maksimal 1.500 cc.
 
Dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 20 Tahun 2021 ini, disebutkan dua jenis PPnBM yang ditanggung pemerintah.
 
Pertama, PPnBM atas kendaraan bermotor sedan atau station wagon dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel atau semi diesel), dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 cc.
 
 
Kedua, kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 orang termasuk pengemudi selain sedan atau station wagon, dengan motor bakar cetus api atau nyala gardan penggerak (4x2), dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 cc.
 
Adapun besaran insentif PPnBM yang diberikan mencapai 100 persen atau PPnBM 0 persen pada tahap pertama berlangsung mulai Maret-Mei 2021. Diskon PPnBM 50 persen pada tahap kedua sejak Juni-Agustus 2021 dan 25 persen di tahap ketiga dari September-Desember 2021.
 
 
Setidaknya total ada 21 mobil dari 7 merek yang berbeda yang kena diskon PPnBM. Enam merupakan pabrikan Jepang, satu dari pabrikan China, dominasinya mobil segmen Low MPV.

Seperti diketahui, PPnBM bervariasi antara 10 persen hingga 125 persen berdasarkan aturan yang masih berlaku sekarang. Hal itu sesuai dengan PP No. 41 Tahun 2013.

Baca Juga: Pencairan BPUM Disetop 3 Hari Lagi, Ini Tanda Jika Dapat BLT UMKM Rp 2,4 Juta

Berdasarkan keterangan Gaikindo, untuk mobil di bawah 1.500 cc bakal terbebas PPnBM sebesar 10 persen. Jika harga dasar pengenaan mobil Rp 190 juta, artinya harganya bakal turun Rp 19 juta.

Senada, harga Mitsubishi Xpander yang kini dibanderol dengan harga dasar pengenaan pajak Rp 210 juta, maka bakal terbebas PPnBM sekitar Rp 21 juta.

Berikut daftar 21 mobil baru yang memperoleh diskon PPnBM:

Toyota Yaris
Toyota Vios
Toyota Sienta
Daihatsu Xenia
Toyota Avanza
Daihatsu Gran Max Minibus
Daihatsu Luxio
Daihatsu Terios
Toyota Rush
Toyota Raize
Daihatsu Rocky
Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Cross
Nissan Livina
Honda Brio RS
Honda Mobilio
Honda BR-V
Honda HR-V
Suzuki Ertiga
Suzuki XL7
Wuling Confero.***
 

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x