Buset! Elektabilitas Anies di Bursa Capres Disalip Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno

- 25 Februari 2021, 18:07 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. //dok. Pemprov DKI Jakarta/

BERITA DIY - Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dilaporkan turun menjadi 7,4 persen. Hal itu merupakan hasil survei Y-Publica.

Survei Y-Publica dilakukan pada 5-15 Februari 2021 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Survei dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Margin of error sekitar 2,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.

 Baca Juga: Tak Salahkan Hujan! Ganjar Ngaku Salah soal Banjir Semarang, Warganet Riuh

Elektabilitas Anies itu kalah dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mengantongi suara 16,7 persen dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang mengantongi 16,3 persen. 

Tak hanya itu, elektabilitas Anies kini juga kalah dengan mantan wakilnya, Sandiaga Uno yang sekarang menjabat Menparekraf dengan 7,9 persen.

"Figur baru muncul yaitu Risma dan Erick, dua-duanya kini menjabat menteri," tutur Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 25 Februari 2021.

Baca Juga: Saling Salip, Elektabilitas Anies Baswedan Kalahkan Ganjar Pranowo di Bursa Capres 2024

Elektabilitas Risma yang sebelumnya stagnan di kisaran 3 persen, kini bergerak naik menjadi 4,7 persen. Demikian pula dengan Erick, mengalami kenaikan sejak Juli 2020 dengan elektabilitas saat ini sebesar 3,6 persen.

Dengan kenaikan itu pula Risma dan Erick menggeser Khofifah Indar Parawansa (3,2 persen) dan Agus Harimurti Yudhoyono (2,3 persen).

Baca Juga: Diangkat Isu Kudeta, Elektabilitas Moeldoko Salip Puan dan Mulai Ancam AHY hingga Giring Nidji

"Khofifah dan AHY juga dibayangi oleh capres yang diusung Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha (2,0 persen)," ujar Rudi.

Pada papan bawah, ada nama-nama seperti Mahfud MD (1,6 persen), Puan Maharani (1,3 persen), Susi Pudjiastuti (1,1 persen), Airlangga Hartarto (1,0 persen), dan Moeldoko (1,0 persen). Lainnya masih di bawah 1 persen, dan sisanya tidak tahu/tidak menjawab (11,5 persen).***

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x