Desa Jonggrangan, Desa dengan Puluhan Penduduk Kembar Identik dan Dampit

- 23 Februari 2021, 16:36 WIB
Ilustrasi. Desa Jonggrangan, Desa dengan Puluhan Penduduk Kembar Identik dan Dampit. /Pixabay/3194556

BERITA DIY - Puluhan orang kembar mendiami Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Hal ini membuat Desa Jonggrangan mungkin saja memiliki penduduk kembar terbanyak di Klaten, bahkan mungkin di Jawa Tengah.

Penduduk kembar di Desa Jonggrangan ini sudah ada sejak dahulu. Sebagaimana yang disampaikan Sunarna, Kepala Desa Jonggrangan, penduduk kembar yang menjadi warga di desanya sudah ada sejak dahulu dan merupakan kembar alami.

Sunarna menjelaskan bahwa kembar identik maupun dampit sudah ada sejak lama di desanya. Hanya saja diketahui oleh orang orang luar baru sekitas tahun 2000-an.

Baca Juga: 2 Juta Penduduk Indonesia Telah Divaksin Covid-19, Begini Tanggapan Jubir Vaksin Covid-19 dari Kemenkes

Sampai berita ini diturunkan, setidaknya terdapat 20 pasang penduduk kembar di desa itu, dengan usia paling muda 3 tahun, sementara paling tua berusia sekitar 50 tahun.

Dari 10 dukuh yang dimiliki Desa Jonggrangan, penduduk kembar ini tinggal di 5 dukuh. Dari 5 dukuh itu, paling banyak menempati RW 1 Dukuh Jonggrangan.

Sunarna mengaku bahwa ia sendiri memiliki adik laki-laki yang kembar juga. Kedua adiknya itu diberi nama Ari Nugroho dan  Ari Wibowo. Untuk membedakan keduanhya, kata Sunarna, cukup melihat siwil yang dimiliki salah satunya.

Baca Juga: Jika Ingin Lolos Kartu Prakerja 2021 Gelombang 12, Pastikan Anda Tidak Masuk dalam Daftar Kelompok Ini

Sunarna juga mengatakan bahwa siwil yang dimiliki salah satu adiknya itu sengaja tak dioperasi (dilakukan pengangkatan) karena sengaja untuk dijadikan sebagai pembeda dengan kembarannya.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X