Iwan Fals Kritik Anies Sebut Depok Penyebab Banjir Jakarta Selatan: Lha Depok Juga Kebanjiran

- 22 Februari 2021, 16:00 WIB
Iwan Fals (kanan) respons pernyataan Anies Baswedan (kiri) bahwa banjir di Jakarta adalah kiriman dari Depok.
Iwan Fals (kanan) respons pernyataan Anies Baswedan (kiri) bahwa banjir di Jakarta adalah kiriman dari Depok. /Dok. Instagram @aniesbaswedan dan @iwanfals.

BERITA DIY - Banjir masih terjadi di beberapa daerah di DKI Jakarta. Salah satunya di kawasan elite Kemang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut banjir yang terjadi di Jalan Sudirman, Kemang, Widya Chandra, serta Tendean, diakibatkan oleh luapan Kali Krukut.

"Jadi curah hujan yang terjadi di kawasan hulu Kali Krukut yang melintang melintasi Jalan Jendral Sudirman, sangat tinggi dengan tercatat 136 mm/hari,” kata Anies Baswedan seperti dikutip dari Antara.

Anies Baswedan menyebut, Kali Krukut tidak mampu menampung debit air dari kawasan hulunya di Depok, Jawa Barat sehingga meluap dan terjadi banjir.

Baca Juga: Krisis Air Bersih di NTT, Pangdam IX Udayana dan Shopee Indonesia Komitmen Berikan Solusi

Dengan demikian, kata Anies Baswedan, penambahan debit air bukan dari hujan lokal di kawasan Kemang atau Jalan Sudirman, melainkan kawasan antara hulu dan Jakarta.

“Kemudian lintas airnya melewati dua sungai, satu Kali Mampang dan dua Kali Krukut. Kedua aliran kali itu bertemu di belakang LIPI. Lalu mengalir ke Sudirman. Jadi, saat ini adalah dampak dari air kiriman dari kawasan tengah sekitar Depok," ujar dia menambahkan.

Musisi yang sering mengkritik Pemerintahan Virgiawan Listanto atau yang akrab disapa Iwan Fals melalui akun Twitter pribadinya @iwanfals menanggapi pernyataan Anies tersebut.

Iwan Fals pun heran karena kawasan Depok disebut sebagai penyebab banjir di Jakarta Selatan. Pasalnya, Depok juga terkena dampak banjir.

“Lha depok juga kebanjiran,” ujar Iwan Fals sebagaimana dikutip BERITA DIY, Minggu 21 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x