Sudah Mendaftar PIP tetapi Belum Tahu Lolos atau Tidak? Cek Namamu di pip.kemdikbud.go.id

- 21 Februari 2021, 14:55 WIB
Sudah Mendaftar PIP tetapi Belum Tahu Lolos atau Tidak? Cek Namamu di pip.kemdikbud.go.id.
Sudah Mendaftar PIP tetapi Belum Tahu Lolos atau Tidak? Cek Namamu di pip.kemdikbud.go.id. /Tangkapan Layar https://pip.kemdikbud.go.id/home

BERITA DIY – Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan pendidikan bagi peserta didik, baik siswa sekolah maupun mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembiayaan pendidikan melalui program Indonesia Pintar atau PIP.

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program bantuan berupa uang tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik atau mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar atau PIP.

Baca Juga: Keparat! Elsa Berkelit Lagi Meski Mateo Sebut Namanya, Elsa Bakal Lolos Lagi? Ikatan Cinta Malam Ini

Besaran dana yang diterima oleh setiap jenjang pendidikan berbeda, yaitu SD/ MI. Paket A sebesar Rp450 ribu per tahun, SMP/MTs/ Paket B sebesar Rp750 ribu per tahun, dan jenjang SMA/ SMK/ Paket C sebesar Rp1 juta per tahun.

Dana PIP yang diperoleh ini dapat digunakan untuk membantu biaya personal penddikan peserta didik seperti membeli perlengkapan sekolah atau kursus, uang saku, biaya transpotasi, biaya praktik tambahan dan biaya uji kompetensi.

Baca Juga: KIP Kuliah untuk Berbagai Jenjang! Jenjang D2 Bisa Dapatkan Beasiswa Rp 16, 8 Juta, Jenjang Lain Cek di Sini

Peserta didik  dapat melakukan cek nama penerima secara online melalui laman berikut.

  • Klik link https://pip.kemdikbud.go.id/
  • Masukkan NISN, tanggal lahir dan nama ibu kandung pada kolom cek penerima PIP
  • Klik cek data. Jika terdaftar sebagai penerima PIP akan ditampilkan informasi nama siswa, nama sekolah, tempat tinggal dan bank penyalur.

Namun sebelum melakukan pengecekan tersebut, setiap peserta didik maupun mahasiswa harus mengajukan bantuan PIP dengan cara.

Baca Juga: Menggemparkan! Demi Sinetron Ikatan Cinta Warga Dusun Seneng Banyurojo Magelang Rayakan Rujuknya Al dan Andin

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x