KIP Kuliah Dibuka, Ini Cara Daftar di kip-kuliah.kemdikbud.go.id Dapat Bantuan Rp 4,8 Juta per Tahun

- 9 Februari 2021, 15:08 WIB
Ilustrasi KIP Kuliah 2021.
Ilustrasi KIP Kuliah 2021. /kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

BERITA DIY - Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah tahun 2021 kembali dibuka. Pendaftar yang lolos akan mendapatkan bantuan Rp4,8 juta per tahun atau Rp700 ribu per bulan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud melalui akun instagram resminya, @puslapdik_dikbud.

Pendaftaran dibuka secara online di link kip-kuliah.kemdikbud.go.id hingga 23 Februari 2021 bagi pendaftar jalur SNMPTN dan hingga 18 Maret 2021 bagi pendaftar kuliah jalur SNMPN.

Baca Juga: Ferdinand Hutahean Tanggapi Keberatan MUI Soal Kolom Kepercayaan KTP: Bukan Kartu Identitas Penduduk Surga

Baca Juga: Tagar #MoeldokoDidukung Trending di Twitter, Ternyata Elektabilitas Moeldoko Masih di Bawah AHY

KIP merupakan salah satu program bagian dari PIP (Program Indonesia Pintar) yang memberikan bantuan berupa uang tunai hingga Rp4,8 juta per tahun dan biaya kuliah gratis.

Berikut sejumlah bantuan yang akan diterima peserta didik yang lolos dan mendapatkan KIP Kuliah:

  • Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis KomputerUTBK) serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos);
  • Pembebasan biaya kuliah/ pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi;
  • Bantuan biaya hidup, mulai tahun akademik 2021/2022 biaya hidup ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masingmasing wilayah Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Bengek! Pak Sodikin Bikin Ngakak Fans Ikatan Cinta karena Hal Ini, Netizen: SIKAATTTTT

Bantuan ini diberikan kepada peserta didik dari keluarga miskin agar bisa mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x