Keren! Papua akan Dibangun Landasan Roket oleh Orang Terkaya Nomor Satu Dunia, Elon Musk?

- 6 Februari 2021, 14:00 WIB
Ilustrasi roket.*
Ilustrasi roket.* /pixabay/SpaceX-Imagery

BERITA DIY - Orang terkaya nomor satu di dunia, Elon Musk akan bangun landasan roket di Indonesia? Pemerintah Indonesia sendiri akan menawarkan agar SpaceX, perusahaan milik Elon Musk bisa membangun landasan roket di Biak, Papua.

Namun rencana itu sendiri masih menunggu kepastian dari Elon Musk menurut Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto.

Baca Juga: Jadwal Acara Trans7 Hari Ini, 6 Februari 2021: Saksikan Mancing Mania, Opera Van Java dan KMovievaganza

Pemerintah sendiri, tambah Seto, masih berfokus kepada investasi dari perusahaan Elon Musk lainnya, yaitu Tesla. Proposal dari perusahaan otomotif asal AS sudah diterima Pemerintah. Fokusnya pada investasi sistem penyimpanan listrik berukuran besar dan baterai lithium beserta kendaraan listrik.

"Kami sekarang fokusnya masih di ESS dan baterai dan Ev-nya. Starlink dan SpaceX kami masih menunggu dari Elon, timnya yang dedicated untuk itu. Rencananya untuk SpaceX memang kami akan tawarkan di biak. Tapi kami masih fokus pada dua ini," ujar Seto dalam konferensi video, Jumat, 5 Februari 2021.

Elon Musk juga memiliki bisnis lain yakni starlink, yaitu berupa satelit berorbit rendah. Fungsi dari perangkat ini mirip seperti BTS pada jaringan seluler, namun posisinya terbang.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang CEO Tesla Elon Musk untuk melihat Indonesia sebagai lokasi fasilitas landasan peluncuran roket SpaceX.

Baca Juga: Posisi Elsa Terpojok, Andin Bisa Jadi Sumber Kunci: Sinopsis Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini, 6 Februari 2021

"CEO Tesla Elon Musk menanggapi undangan Presiden Joko Widodo dengan rencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut," ujar Juru Bicara menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi dalam keterangan tertulis, Sabtu, 12 Desember 2020.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x