Cara Membersihkan Kotoran di Telinga Tanpa Cotton Bud, Efektif dan Alami: Ada Baking Soda dan Minyak Bawang

- 3 Februari 2021, 13:01 WIB
Ilustrasi gambar telinga sebagai indra pendengaran harus bebas dari kotoran.
Ilustrasi gambar telinga sebagai indra pendengaran harus bebas dari kotoran. /Pixabay/OpenClipart-Vectors

BERITA DIY - Cara memebrsihkan kotoran di telinga tanpa cotton bud. Telinga merupakan salah satu panca indra yang dimiliki oleh manusia berguna untuk pendengaran suara atau bunyi yang berguna bagi kehidupan. Indra pendengaran menjadi indra pertama yang berfungsi dibandingkan indera lainnya.

Menjaga kebersihan pada indra pendengaran harus dilakukan secara rutin agar pendengaran tidak terganggu oleh kotoran yang mampu menurunkan kinerja pendengaran dalam menerima suara atau bunyi.

Banyak orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Namun nyatanya penggunaan cotton bud dirasa kurang baik untuk membersihkan telinga karena dapat mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam.

Baca Juga: Tetap Sehat di Masa Pandemi, Berikut 6 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Dalam Rumah

Baca Juga: 6 Tips Belanja Aman dan Cermat Memilih Produk Sesuai Ekspektasi di Online Shop

Dilansir dari Healthline, berikut ini cara membersihkan kotoran telinga dengan benar tanpa menggunakan cotton bud:

Baking Soda

Baking soda dapat digunakan untuk membersihkan kotoran telinga. Caranya adalah dengan melarutkan setengah (1/2) sendok teh baking soda ke dalam 2 ons air hangat, miringkan kepala dan teteskan ke telinga 5-10 tetes kemudian diamkan hingga 1 jam.

Setelah membiarkan larutan baking soda beraksi, keluarkan larutan baking soda dari telinga dan bilas dengan air hangat. Cara ini cukup efektif apabila dilakukan untuk beberapa hari, namun perlu diingat untuk jangan melakukan ini lebih dari dua minggu.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x