Kenali Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah, Fakta Nomor Tiga Sering Kali Diabaikan

- 24 Januari 2021, 16:40 WIB
Ilustrasi bibir kering. Kenali faktor penyebab kenapa bibir bisa kering
Ilustrasi bibir kering. Kenali faktor penyebab kenapa bibir bisa kering /PIXABAY/engin_akyurt

BERITA DIY - Bibir kering bisa dialami baik pria maupun wanita. Bahkan tak jarang kondisi bibir yang kering sangat menganggu penampilan. Melakukan pencegahan sebelum terjadi adalah hal yang tepat, ketahui sebab-sebab kenapa bibir bisa kering.

Bahkan bibir yang kering bisa menjadi indikator kondisi tubuh sedang tidak baik-baik saja, seperti tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, keracunan vitamin, bahkan penyakit kronis seperti cheilitis atau peradangan bibir.

Lebih jelasnya simak daftar penyebab bibir kering di bawah ini yang mungkin tanpa disadari malah sering dilakukan:

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 24 Januari 2021: Andin dan Rafael Makin Intim, Bagaimana Nasib Rumah Tangganya dengan Al?

1. Menjilat bibir

Hal yang paling sering dilakukan saat merasa kondisi bibir sedang kering adalah menjilatnya atau membasahi dengan ai liur. Memang dalam waktu singkat bibir jadi terasa basah. Namun yang sebenarnya terjadi bibir malah jadi semakin kering karena proses penguapan air liur yang cepat . Air liur yang mengering dibibir akan menghilangkan kelembapan bibir dan membuat permukaan bibir jadi semakin kering.

2. Mengigiti atau mengelupas kulit bibir

Umumnya kondisi kulit bibir merupakan lapisan tipis sehingga mudah terluka atau tergores. Kalau mengigiti atau mengelupasi kulit bibir jadi kebiasaan bisa dipastikan kondisi bibir akan menjadi kering bahkan pecah-pecah.

Baca Juga: Waduh! Puisi Amanda Manopo Pemeran Andin di Ikatan Cinta Diduga Plagiat, Penulis Asli Geram

3. Dehidrasi

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x