5 Cara Mudah Mengatasi Cegukan Dengan Cepat Akibat Kejang Otot Diafragma

- 7 Desember 2020, 15:02 WIB
Ilustrasi orang yang mengalami cegukan.
Ilustrasi orang yang mengalami cegukan. /Pixabay/jmexclusives

BERITA DIY - Cegukan merupakan suatu kondisi kejang otot diafragma yang tidak dapat dikendalikan dan biasanya berlangsung dalam waktu yang lama. Diafragma merupakan otot yang berperan dalam proses pernafasan.

Ketika otot diafragma mengalami kejang maka spontan tubuh akan menarik nafas sementara pita suara akan menutup hingga memicu timbulnya suara 'hik' untuk beberapa waktu dan dapat mengganggu aktivitas-aktivitas ringan seperti minum, makan, dan berbicara.

Cegukan hampir terjadi pada semua orang sehingga tidak perlu ada yang dikhawatirkan ketika kondisi ini terjadi. Selain itu, cegukan bukan menjadi tanda masalah serius karena penyebab terjadinya cegukan antara lain adalah minum dan makan terlalu cepat, minuman berkarbonasi, alkohol, merokok, makan makanan pedas atau mengunyah permen karet.

Baca Juga: 24 Fakta Menarik Kim Taehyung Atau V BTS di Luar Panggung, Nomor 20 Bisa Buat ARMY Meleleh

Baca Juga: 7 Tips Hilangkan Masalah Bau Badan Untuk Tampil Lebih Percaya Diri

Hingga saat ini belum ada tindakan yang terbukti menyembuhkan cegukan karena sejatinya cegukan hanya terjadi dalam waktu singkat bahkan akan menghilag walau tidak melakukan apa-apa.

Namun, kita dapat melakukan beberapa cara agar cegukan dapat hilang dalam waktu yang lebih singkat agar tidak mengganggu aktivitas-aktivitas ringan yang penting seperti makan dan berbicara.

Berikut ini adalah Lima cara menghilangkan cegukan dengan cepat dihimpun oleh Berita DIY:

Minum air es atau air dingin

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x